RSS

Bisnis Online di Wordpress. Emang Bisa?

Banyak yang bertanya emangnya bisa bikin bisnis online pake blog Wordpress sama kayak di Blogger. Walopun wordpress.com punya fungsi yang sangat terbatas untuk bisnis online, tapi bukan berarti ga bisa dibuat bisnis.

Trus gimana jadiin wordpress.com sebagai sarana bisnis? Yang jelas, kita ngga bisa nggunain wordpress.com untuk ngedapetin uang dari Google AdSense, AdBrite, atau berbagai macam program PPC lainnya. Kamu juga ngga bisa nggunain untuk bisnis B2B (Bussiness to Bussiness).

Tapi kita bisa nggunain wordpress.com untuk menghasilkan uang lewat B2C (Bussiness to Costumer). Contoh B2C adalah penjualan produk atau affiliasi atau reseller. Untuk ngejualin produk, cuma perlu memajang foto produk lengkap dengan keterangan produk dan harga. Terus buat page khusus yang isinya cara pemesanan produk tersebut. Kita bisa meletakkan nama, alamat, nomer HP, e-mail, atau YM supaya pengunjung bisa menghubungi kita.

Sekarang ini online cart masih belum populer di Indonesia, jadi kita bisa nggunain cara manual kayak di atas. Selain itu, kita juga bisa ngehujual produk-produk orang lain dengan sistem affiliasi. Gampang aja, tinggal kasi link affiliasi di blog wordpress.com kita.

Ada cara lain yang lumayan bagus, yaitu dengan ngejual link di blogroll. Kita bisa menawarkan pemasangan link di blogroll kita dengan harga tertentu. Tapi kasi harga yang murah aja, kecuali kalo blog kita emang blog yang laris dan punya rating yang tinggi.

Nah, dari semua cara diatas, kalo memang kamu mau serius, lebih baik install sendiri wordpressmu (bisa di download di http://wordpress.org)


Your Comment






Free Web Hosting